Prestasi Kinerja BPR Danagung Ramulti Yogyakarta
- Wednesday, May 23 2012
- Written by Antok Wesman
- Hits: 189
RRI-Jogja News, Persaingan bisnis perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang beberapa waktu terakhir semakin ketat tak membuat BPR Danagung Ramulti surut. Bank Perkreditan Rakyat yang kelahirannya dibidani oleh Rakhmad Ali tersebut terus berusaha melakukan berbagai terobosan, dari sisi pelayanan hingga berbagai fasilitas yang diberikan kepada nasabah.
BPR Danagung Ramulti kini fokus menggarap UMKM, pasalnya tidak bisa dipungkiri bahwa Yogyakarta merupakan propinsi dengan pertumbuhan Usaha Menengah Kecil dan Mikro cukup bagus.
“Persaingan makin ketat ya kita tetap harus optimis. Apapun yang terjadi harus dihadapi. Pasar UMKM sendiri memang saat ini menjadi incaran dari banyak pihak, baik bank umum, dan berbagai lembaga keuangan lain termasuk leasing serta koperasi. Intinya adalah bagaimana kita bisa menjaga kepercayaan nasabah yang menyimpan dananya ataupun nasabah yang memanfaatkan fasilitas penyaluran pinjaman yang kami miliki,” tutur Rakhmad Ali didampingi Komisaris BPR Danagung Ramulti Syabrie serta Kepala Divisi IT dan Data Pembukuan Dheny Mustika Wijaya kepada wartawan di Kantor BPR Danagung Ramulti Jalan Solo Km. 11 Yogyakarta.
Lebih lanjut Rakhmad Ali menegaskan meskipun BPR rata-rata dikelola oleh lokal namun harus menunjukkan diri bisa eksis dan bersaing. Pengelolaan secara professional ditunjang terobosan dari sisi pelayanan, IT, fasilitas dan layanan yang dimiliki serta berbagai value added yang bisa ditawarkan lainnya.
Untuk mendekatkan diri dengan para nasabahnya, BPR Danagung Ramulti pun telah melebarkan sayapnya ke Gunungkidul melalui pendirian kantor cabang. Menyusul kemudian kantor cabang lain di Kota Yogyakarta serta Bantul. “Untuk grup, target kami setiap tahun minimal ada dua kantor cabang yang didirikan. Ya termasuk di dalamnya kantor cabang untuk BPR Danagung Ramulti, BPR Danagung Abadi, BPR Danagung Bakti, BPR Danagung syariah serta BPR Klaten Sejahtera,” ungkapnya.
Upaya tersebut juga sebagai bagian dari strategi meningkatkan jumlah lapangan kerja. “Kantor cabang ditambah, kantor pelayanan kas juga ditambah. Harapannya tentu semakin banyak masyarakat yang bisa terlayani,” tuturnya.
Selain memperbanyak kantor cabang dan pelayanan kas, Danagung Group juga berhasil meluncurkan kartu ATM Danagung, fasilitas ATM BPR pertama di Jateng-DIY dan keempat di Indonesia.
“Tidak mudah bagi BPR untuk mengeluarkan fasilitas ATM. Tapi Danagung Group berhasil. Ini bukti komitmen kami untuk memberikan kemudahan fasilitas layanan perbankan kepada para nasabah tabungan BPR di bawah manajemen Danagung Group. Bisa digunakan di ATM di seluruh Indonesia yang berlogo OCBC NISP serta ATM Danagung yang ada,” paparnya lebih lanjut.
Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.