Agen Pos Terbaik Tingkat Nasional 2011
- Friday, Jan 06 2012
- Written by Antok Wesman
- Hits: 767
RRI-Jogja News, “Saya tidak menyangka sebagai yang terbaik, karena selama ini memang tidak pernah ada apresiasi, dan saya melulu melakukan layanan terbaik untuk konsumen” ungkap Hijrah Muttaqin, SP, selaku pengelola Agen Pos Bulaksumur Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang dinobatkan sebagai Agen Pos Terbaik Nasional Tahun 2011.
Hijrah Muttaqin mengungkapkan, "Saya hanya melakukan tiga hal yaitu Melihat, Mendengar kemudian Memberikan apa-apa yang dimaui konsumen.," imbuh Hijrah Muttaqin saat menyampaikan testimoni dihadapan segenap hadirin , diantaranya Senior Manager SDMKS Divisi Regional VI Jateng-DIY, Natsir Kadir serta pimpinan di jajaran PT Pos Indonesia Persero, pada Apresiasi Agen Pos Terbaik Nasional Tahun 2011 di Kantor Pos Besar Yogyakarta, Jum'at (6/1).
Sejak menjadi Agen Pos di tahun 2002 usaha yang ditekuninya terus menunjukkan peningkatan yang signifikan hingga di tahun 2011 omzetnya mencapai 3,4 milyar Rupiah, sehingga layak kalau upaya yang dilakukannya memperoleh penghargaan dari pihak Direksi PT Pos Indonesia berikut uang tunai sebesar 7,5 Juta Rupiah.
Dalam kesempatan itu, Hijrah Muttaqin menanyakan kemungkinan pengembangan usaha lebih lanjut untuk bisa melakukan pelayanan Pos Pay dan Wesel Pos Instant, berhubung banyak konsumennya menanyakan hal itu, dan oleh pihak PT Pos Indonesia diberi Lampu Hijau dengan melalui beberapa prosedur yang harus diikuti.
Pos Pay adalah layanan multifungsi semisal pembayaran pajak, rekening listrik, PDAM dan sebagainya, adapun Wesel Pos Instant adalah suatu layanan pengiriman uang tunai melalui Kantor Pos secara cepat dan mudah yang sudah bisa dinikmati oleh masyarakat jikalau hendak mengirimkan uang tunai ke lain wilayah.
“Layanan Wesel Pos Instant merupakan produk unggulan pihak PT Pos Indonesia yang belum tertandingi, bahkan oleh pihak Bank sekalipun yang memang belum melakukan layanan seperti ini,” beber Entis Sutisna, Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum pada PT Pos Indonesia Persero, kepada RRI-Jogja. “Hingga kini sudah ada tiga ribu Agen Pos di seluruh Tanah Air yang membuka layanan jasa keuangan dari PT Pos Indonesia” tambah Entis Sutisna.
Dikatakan, “Kriteria untuk menjadi Agen Pos Terbaik mencakup kinerja, keuangan, operasi dan pelayanan kepada masyarakat, infrastruktur pendukung dan upaya pemasaran atau inovasi yang dilakukan serta pertimbangan positif lainnya.”
Agen Pos merupakan konsep pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan mitra perorangan atau Badan Usaha, dalam rangka memberikan pelayanan pos secara lebih luas. Agen Pos juga sebagai bentuk pemberdayaan sektor ekonomi mikro melalui pengembangan pola-pola kemitraan dalam bisnis.
PT Pos Indonesia memberikan alternatif pilihan dan kemudahan kepada masyarakat dalam upaya membuka Agen Pos. Untuk itu PT Pos Indonesia akan memberikan fee atau imbal jasa secara progresif hingga sebesar 20 persen untuk layanan jasa kurir. Untuk itu peminat bisa bergabung dengan mendaftarkan diri ke Kantor Pos terdekat diantara 3-ribu-814 Kantor Pos yang ada di Indonesia.
Adapun jenis pelayanan Agen Pos meliputi, penjualan perangko, meterai, benda filateli dan benda pos lainnya, kemudian pengiriman surat, dokumen dan barang melalui Pos Kilat Khusus, Pos Express dan Express Mail Service –EMS, untuk jangkauan kiriman ke luar negeri. Juga penerimaan pembayaran billing dan tagihan melalui layanan Pos Pay dan pengiriman serta pembayaran uang melalui Wesel Pos Instan.
Menurut Kepala Kantor Pos Yogyakarta, Arifin Muchlis, di Yogyakarta hingga kini sudah ada 20 Agen Pos dengan segala layanan yang ditawarkan kepada masyarakat, terkecuali untuk layanan Giro dan Wesel Pos Instant yang masih ditangani oleh pihak Kantor Pos.