Datsun Membuka Kompetisi Perencanaan Bisnis Teruntuk Risers Di Yogyakarta
- Monday, Dec 23 2013
- Written by Antok Wesman
- Hits: 179
RRI-Jogja News/L-09, Datsun memperkenalkan Kompetisi perencanaan bisnis inspiratif di Yogyakarta, yang membuka peluang bagi para risers untuk mewujudkan impian bisnis mereka dalam tema “Datsun Rising Challenge”.
Setelah sukses menggelar kegiatan Datsun Rising Challenge (DRC) Roadshow di kota Jakarta dan Bandung, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai kegiatan serupa di kota yang terkenal sebagai Kota Pelajar; Yogyakarta. DRC adalah sebuah kompetisi perencanaan bisnis yang ditujukan bagi para risers, kaum muda yang dinamis, optimis dan memiliki keinginan kuat untuk mewujudkan mimpi dan harapan yang menjadi sasaran Datsun.
DRC mengajak risers untuk menciptakan rencana bisnis yang unik dan breakthrough dari kreatifitas mereka sendiri dengan bermodalkan tidak lebih dari 150 juta rupiah. Datsun akan memilih lima pemenang dari lima kota tujuan DRC yaitu dari kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya untuk berkesempatan mewujudkan impian mereka dengan memenangkan hadiah masing-masing 1 unit Datsun GO+ dan uang tunai senilai 50 juta rupiah.
Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, menjelaskan, “Datsun sebagai bagian dari Nissan Motor Indonesia memiliki prinsip D.A.T yaitu Dream (Impian), Access (Akses) dan Trust (Terpercaya). Datsun Rising Challenge sejalan dengan prinsip tersebut: mendorong risers untuk mengejar impian mereka, salah satu caranya adalah dengan memulai bisnis mereka sendiri; memperluas akses untuk memperkaya pengetahuan mengenai cara memulai bisnis".
DRC memberikan kesempatan besar bagi peserta untuk belajar dan menjadi wirausahawan muda. “Dalam kompetisi ini, peserta tidak hanya dapat melatih keahlian perencanaan bisnis mereka, namun para peserta juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai bisnis dari wirausahawan yang telah sukses, yang juga merupakan juri kompetisi ini, pada tahap semi final dalam kompetisi ini,” tambah Indriani.
DRC Roadshow telah diselenggarakan secara sukses dan mendapatkan sambutan hangat di dua kota sebelumnya yaitu di Jakarta pada tanggal 30 Nov-6 Des 2013 dan di Bandung pada 9-15 Des 2013, ditandai dengan banyaknya risers yang sangat antusias berpartisipasi mengikuti kompetisi.
DRC hadir di Yogyakarta dari tanggal 18-20 Des 2013 untuk mengajak para risers asal Kota Pelajar mewujudkan mimpi mereka menjadi seorang wirausahawan muda yang sukses. Setelah Yogyakarta, DRC Roadshow akan mengunjungi Semarang (23-24 Des 2013) dan Surabaya (28-30 Des 2013) dengan tujuan yang sama yaitu untuk merekrut calon peserta dan memberikan informasi lebih jelas mengenai kompetisi DRC.
Seperti empat kota lainnya, pada kesempatan roadshow di Yogyakarta, Datsun juga mengunjungi kampus, perkantoran, tempat hang out dan perumahan ternama di kota Yogyakarta. Pada kegiatan roadshow ini juga diperlihatkan mobil Datsun GO+ untuk menambah semangat para calon peserta ikut berpartisipasi dalam kegiatan DRC dan menjadi pemenang kebanggan dari kota asal mereka.
Para peserta juga dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai Datsun GO+ dan DRC dari tim Datsun yang hadir di lokasi. Untuk mendaftar, para peserta harus mengisi formulir yang ada di Facebook Datsun Indonesia. Kemudian memasukan proposal bisnis mereka yang unik dan juga breakthrough ke drop box di showroom Datsun yang terdapat di lima kota penyelenggaraan DRC, paling lambat pada 21 Februari 2014.
DRC merupakan kelanjutan dari aktivitas pengenalan merk Datsun di Indonesia, sekaligus sebagai ajang dalam menyambut kehadiran Datsun GO+ yang akan diluncurkan pada pertengahan 2014. Tentang Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ke-tiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012.
Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat, mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan.
Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014. Diperkenalkan untuk pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir se-abad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama.
Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”.
Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun.
Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri. PT. Nissan Motor Indonesia (berdiri pada 2001), beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia.
PT. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2012, NMI berhasil meraih 67.699 unit penjualan, sehingga menjangkau 6.0% market share dari total 98 diler yang tersebar di seluruh Indonesia,
NMI akan memperluas jaringan menjadi 165 diler pada tahun 2016. Melalui pendirian pabrik baru NMI di Purwakarta, Jawa Barat, kapasitas produksi juga meningkat dari 90.000 unit menjadi 250.000 unit per tahun pada akhir 2016; seiring dengan peningkatan jumlah karyawan sebesar 3.300 orang.
Dengarkan Podcast Berita :
Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.