You are now being logged in using your Facebook credentials

Karnaval Jogja Fashion Week 2013

KarnavalJFW13Web

RRI-Jogja News/L-09, Dalam rangka promosi pariwisata dan menumbuhkan ajang kreativitas disainer muda serta untuk menambah atraksi alternatif, sebagai daya tarik wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta, maka Dinas Pariwisata DIY menggelar Karnaval Jogja Fashion Week 2013.

Ketua panitia Denis Sarota kepada wartawan menjelaskan, “Tema Besar Karnaval dalam rangka Jogja fashion Week 2013 adalah “Semarak Warna Katulistiwa” dengan sub-tema yakni, ”Hamparan Laut Di Katulistiwa”, (mengangkat cerita legenda dengan memasukkan unsur maritim), “Gugusan Pulau Di katulistiwa” (mengangkat cerita legenda dengan memasukkan unsur bangunan bersejarah), dan “Ragam Budaya katulistiwa” (mengangkat cerita legenda dengan memasukkan unsur bentuk dan filosofi).

Karnaval tersebut digelar pada 17 Juli 2013 mulai pukul 14 WIB, dengan rute, dari Kantor Dinas Pariwasata DIY Jl. Malioboro menuju Taman Budaya Yogyakarta melintasi Benteng Vredeburg. Jumlah peserta yang berpartisipasi tercatat 20 kelompok, dimana setiap kelompoknya terdiri dari 25 orang, dari DIY, Solo dan Magelang.

Adapun kategori lomba terdiri dari Lomba Dekorasi Fantasi dengan cakupan penilaian yakni keharmonisan, kekompakan, dan kreativitas. Teknis pelaksanaan kegiatan selama satu bulan lebih lima pendamping setiap hari siap memberikan masukan dan koreksi karya dari para peserta karnaval, disesuaikan dengan sub-tema yang telah ditentukan.

Pada hari H-7 dilakukan Gladi Bersih dengan penyerahan replika, konsep ataupun dokumentasi masing-masing peserta didepan tim juri untuk mengambil urutan nomor peserta karnaval. Urut-urutan arak-arak-an karnaval diawali dengan peserta Lomba Rias Fantasi, diikuti marching band dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan ke-20 peserta mengikuti di belakangnya dengan barisan paling belakang adalah kelompok kesenian.

Yang menarik dalam karnaval tersebut adalah tampilnya grup karnaval ”Colorful Indonesia” dari UNY yang berhasil menjuarai “World Costum Festival” di Kota Vegan, Phillippina, April 2013 yang diikuti oleh 30 negara.

 

Dengarkan Podcast Berita :

Audio clip: Adobe Flash Player (version 9 or above) is required to play this audio clip. Download the latest version here. You also need to have JavaScript enabled in your browser.

Share selected track on FacebookShare selected track on TwitterShare selected track on Google PlusShare selected track on LinkedIn

Login

Login With Facebook

info.anda