Sudah Tahu Sistem ERP? Inilah Pengertian Sistem ERP Ecommerce Hingga Sejarah Singkatnya
Sudah Tahu Sistem ERP? Inilah Pengertian Sistem ERP Ecommerce Hingga Sejarah Singkatnya

Sudah Tahu Sistem ERP? Inilah Pengertian Sistem ERP Ecommerce Hingga Sejarah Singkatnya

Siapa yang tidak kenal dengan sistem ERP? Pada dasarnya sistem ERP Ecommerce ini merupakan sistem yang akan membantu perusahaan dalam mengelola data. Untuk data yang dikelola pun beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bagaimana? Sudah penasaran?

Apa Itu Sistem ERP? 

Pada dasarnya sistem ERP ini merupakan singkatan dari enterprise resource planning. Bahkan bisa diartikan sebagai seperangkat sistem erp dan fungsinya ini bisa berguna untuk mengelola. Selain itu, alat ini pun bisa mengintegrasikan aktivitas apa saja yang dilakukan oleh perusahaan. 

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan mulai dari mengelola keuangan, pengadaan, proyek, sumber daya manusia dan lainnya. Tak hanya itu, bisnis ini pun bisa memberikan informasi secara terbaru dan terbukti nyata. 

Sehingga hal ini akan disesuaikan dengan data yang ada di dalam sistemnya. Dengan mengumpulkan data secara terbaru tentu bisa menghindari adanya data yang tercampur. Selain itu, sistem ini pun bisa memberikan integritas data. 

Bagaimana Sejarahnya? 

ERP pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 dari salah satu perusahaan. Tetapi kemunculan ERP ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960. Saat pertama kali hadir, alat ini mulai menerapkan manajemen inventaris hingga kontrol di sistem erp ecommerce pada perusahaan. 

Rata – rata pengembang software mulai membuat sebuah program yang berguna untuk memperhatikan inventaris. Selain itu, hal ini pun bisa melakukan rekonsiliasi saldo sampai dengan melaporkan status. Kemudian di tahun 1970, program ini mulai berubah menjadi MRP. 

MRP atau yang dikenal dengan material requirements planning ini berguna untuk melakukan penjadwalan proses produksi. Lalu pada tahun 1980-an, program ini mulai berkembang di berbagai perusahaan. 

Sejak dikenal oleh berbagai pihak, program ini mulai diubah kembali menjadi MRP-II. Kemudian pada tahun 1990-an, sistem sudah memiliki berbagai macam fungsi. Bukan hanya di manajemen saja, melainkan memiliki fungsi pada proses operasionalnya. 

Bahkan di tahun ini, ada banyak fungsi yang mulai beralih ke bagian kantor. Sebut saja seperti keuangan, permesinan, manajemen proyek sampai dengan sumber daya manusia. Bukan hanya satu atau dua istilah saja, program ini mulai mengumpulkan berbagai istilah lainnya. 

Kehadiran teknologi yang semakin canggih kini sudah bisa mengubah pola pemikiran perusahaan. Bahkan banyak perusahaan yang lebih memilih untuk beralih kepada mesin ERP ini. Dengan berhasilnya ERP ini tentu membuat sang pemilik tidak akan tinggal diam. 

Bahkan pihak pemilik langsung meluncurkan program baru yang dinamakan dengan ERP II. Sistem kedua ini merupakan sistem erp yang menggunakan cloud. Tak hanya itu, sistem ERP ini pun memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. 

Dengan berbagai macam penjelasan tentang sistem erp ecommerce ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada para pembaca. Sehingga diharapkan para pembaca lebih sedikit mengenal apa itu sistem erp dibandingkan dengan sebelumnya. Bagaimana? Sudah paham dengan sistem erp? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *