5 Jenis Rangka Baja Ringan untuk Solusi Bangunan Masa Kini
5 Jenis Rangka Baja Ringan untuk Solusi Bangunan Masa Kini

5 Jenis Rangka Baja Ringan untuk Solusi Bangunan Masa Kini

Rangka baja ringan menjadi salah satu material bangunan yang memiliki banyak peminat karena memiliki berbagai kelebihan. Ada beberapa macam baja ringan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Di bawah ini merupakan jenis rangka baja ringan yang cocok sebagai bahan material bangunan.

Rangka Baja Kaso

Baja ringan kaso terbuat dari plat baja yang memiliki daya tarik tinggi dan memiliki lapisan alumunium bernama Galvalume. Jenis ini cocok untuk atap baja ringan atau kaki-kai utama. Baja ringan termasuk material yang tahan lama dan anti karat dengan bahan pelapis tertentu sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Rangka Baja Taso

Baja ringan taso biasanya memiliki ketebalan 0,75 mm hingga 1 mm, dengan tinggi 7,5 cm dan lebar kaki 3,5 cm. Baja taso bisa digunakan untuk memperkuat kuda-kuda dan gording sehingga dapat meletakkan atap dengan baik dan mudah. Baja taso yang tipis bisa menampilkan desain bangunan yang berkesan modern.

Rangka Baja Reng

Baja ringan reng memiliki bentuk trapesium yang biasanya digunakan untuk meletakkan genteng. Meskipun ringan dan tipis, baja reng memiliki daya tahan yang kuat untuk menopang atap. Terdapat beberapa ukuran baja reng yang akan mempengaruhi kekuatannya dalam menopang berbagai jenis genteng. 

Rangka Baja Hollow

Seperti namanya, baja ringan hollow memiliki bentuk kotak dan berlubang atau berongga di bagian tengahnya. Lapisan anti karat pada rangka baja ringan hollow membuatnya lebih awet dan menghemat pengeluaran. Jenis ini bisa digunakan untuk bagian interior bangunan seperti untuk plafon dan dinding partisi.

Rangka Baja Spandek

Rangka baja ringan atap spandek merupakan atap rumah yang terbuat dari 55% alumunium, 43% seng, dan sisanya berupa silikon. Selain ringan, atap rumah ini mudah dibentuk, awet dan kokoh serta tidak mudah pecah. Pemasangan atap ini tergolong mudah dan tidak akan mudah terbawa angin sehingga lebih aman.

Itulah tadi beberapa jenis baja ringan yang bisa digunakan untuk material bahan bangunan. Setiap jenis tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sesuaikan jenis rangka baja dengan keperluan agar pemasangannya tepat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *