4 Tips Menggunakan Percetakan Buku Digital
4 Tips Menggunakan Percetakan Buku Digital

4 Tips Menggunakan Percetakan Buku Digital

Membayangkan memegang langsung hasil kerja siang dan malam Anda dalam sebuah buku, pasti penuh haru. Untuk itu, sangat penting memilih jasa print buku, apalagi jika Anda ingin memilih yang digital karena dikenal lebih cepat pengerjaannya. Supaya tak kecewa, berikut 4 tips yang layak dicoba!

  1. Memilih Ukuran

Pemilihan ukuran sebuah buku sangat penting. Selain mempengaruhi seberapa tebal buku yang akan dicetak dan harga cetaknya. Misalkan Anda ingin mencetak buku ukuran 6×9, maka hanya bisa memuat 2 salinan buku pada kertas ukuran 12×18. Berbeda jika buku Anda berukuran 5,5×8,5 yang bisa muat sampai 4 salinan buku pada ukuran kertas yang sama.

Ukuran juga mempengaruhi identitas buku Anda sendiri. Misalkan ingin membuat buku yang cocok meja kopi, maka ukurannya harus tepat. Atau Anda ingin buku tersebut bisa dibawa ke tempat tidur, dibaca di malam hari jelang malam, maka ukuran yang kecil, muat dalam satu genggaman akan lebih pas.

  1. Gunakan Kertas yang Tepat

Setiap buku memiliki ciri khas yang berbeda. Misalkan Anda ingin mencetak buku anak, maka biasanya menggunakan kertas yang lebih tebal supaya tidak mudah sobek. Atau saat Anda mencari percetakan buku yasin, kertas yang dipilih lebih tipis.

Memilih kertas yang tepat bukan perkara menekan harga cetak buku yang lebih murah saja, tapi juga menentukan nuansa buku yang diinginkan. Misalkan buku Anda akan penuh foto, maka katakan pada percetakan buku pilihan untuk mencetaknya dalam kertas berlapis supaya hasilnya lebih maksimal.

  1. Buat Desain yang Istimewa

Desain buku ibarat wajah bagi manusia. Orang akan menilai sebuah buku dari desainnya, makanya sangat perlu membuat buku yang desainnya istimewa dan dibuat lebih personal. Buat desain sampul Anda menonjol dan memikat begitu bertemu mata dengan orang.

Tidak hanya sampul, tapi hingga jenis huruf yang Anda gunakan untuk body copy harus dipertimbangkan dengan cermat. Apalagi jika buku yang akan dikeluarkan full tulisan, jangan sampai terlihat membosankan. Anda bisa meminta pendapat pada percetakan buku terdekat atau yang akan dituju nantinya.

  1. Konsep Penjilidan

Tidak kalah penting tapi sering diabaikan adalah konsep jilid buku yang akan dipilih. Biasanya, cetak buku eksklusif, apalagi digital memiliki beberapa pilihan jilidan buku. Contohnya jilid lem panas, jilid lakban, jilid jahit benang, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebelum memilih jenis jilidnya, jangan ragu untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis. Atau tanyakan pada tempat Anda mencetak buku, mana yang murah atau mana jilidan yang paling kuat.

Itulah 4 tips cetak buku yang bisa diterapkan, terlebih jika Anda ingin menggunakan jasa print buku yang semua harus dipersiapkan sendiri. Semoga setelah membaca ulasan di atas, bisa membantu mendapat buku terbaik versi Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *