Keuntungan dan Kerugian Bisnis Pembayaran Online
Keuntungan dan Kerugian Bisnis Pembayaran Online

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Pembayaran Online

Saat menjalankan usaha atau bisnis tentunya akan ada keuntungan dan kerugian yang didapatkan oleh pebisnis selama berbisnis. Tak terkecuali dengan bisnis pembayaran online. Simak beberapa keuntungan dan kerugian dalam bisnis pembayaran online.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Pembayaran Online

    Beberapa keuntungan ini yang bisa anda dapatkan saat melakukan bisnis pembayaran online:

  1. Merupakan bisnis yang mudah dijalankan

Bisnis ini berbasis online, jadi anda bisa berbisnis sambil duduk didepan komputer dengan berbekal jaringan internet. Bisnis ini tergolong jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis bisnis lain yang mengharuskan anda berbelanja modal atau lainnya.

  1. Keuntungan atau profit yang konsisten

Apabila anda sudah bertempat di lokasi yang strategis dan memiliki banyak pelanggan, maka profit atau keuntungan yang anda setiap bulannya dapatkan cenderung konsisten atau cenderung bertambah. Hal ini karena pembayaran tagihan merupakan transaksi yang dilakukan sebulan sekali, sehingga saat konsumen sudah merasa percaya akan satu tempat pembayaran, maka konsumen akan cenderung kembali ke tempat tersebut.

  1. Anda memerlukan modal yang relatif sedikit

Bisnis ini memerlukan modal seperti komputer, jaringan internet, printer, serta saldo awal yang tak banyak. Jika dibandingkan dengan bisnis lain seperti berjualan makanan atau kelontong, modal ini cenderung jauh lebih murah.

  1. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan bisnis lain secara bersamaan

Bisnis pembayaran online ini merupakan bisnis yang mudah dilakukan serta prosesnya cepat. Sehingga tak heran kita sering menemui beberapa kios PPOB menjadi satu dengan kios kelontong atau usaha lainnya.

Kekurangan Menjalankan Bisnis Pembayaran Online

Semua bisnis pasti memiliki kekurangan, dalam hal bisnis pembayaran online setidaknya ada dua kekurangan yang paling sering dirasakan oleh para pebisnis yang menjalankan bisnis ini adalah:

  1. Tingginya biaya operasional

Kekurangan yang pertama adalah tingginya biaya operasional. Biaya operasional tergolong cukup tinggi karena segala peralatan elektronik harus menyala terus saat kios atau gerai buka. Apabila dalam sehari transaksi yang dilakukan tidak cukup banyak, maka pendapatan atau profit yang didapatkan oleh pebisnis bisa jadi minus.

  1. Membutuhkan tenaga kerja yang paham mengenai teknologi

Tenaga kerja yang dipekerjakan dalam kios haruslah orang yang paham mengenai teknologi dan transaksi berbasis online. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahan transaksi saat melayani konsumen dimana jika terjadi maka akan berakibat fatal. Tentunya mempekerjakan orang dengan basic ini memerlukan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan pekerja serabutan.

    Keuntungan dan kerugian bisnis pembayaran online diatas bisa menjadi bahan pertimbangan anda saat ingin memulai bisnis ini. Tentunya kekurangan yang ada bisa diatasi apabila transaksi yang dilakukan setiap harinya bisa menutup biaya operasional, maka dari itu strategi pemasaran juga penting dilakukan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *