Mengenali Gangguan Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Sistem Reproduksi
Mengenali Gangguan Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Sistem Reproduksi

Mengenali Gangguan Fungsi Hormon FSH dan LH Pada Sistem Reproduksi

Selama ini mungkin lebih banyak dibahas mengenai bagaimana cara yang benar dan tepat untuk menjaga kesehatan fisik tubuh manusia. Padahal, tidak hanya fisik saja tetapi menjaga keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh juga penting. Kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara jika tubuh terjadi gangguan fungsi hormon FSH dan LH.

Gangguan Pada Hormon FSH Terhadap Tubuh

Jika terjadi gangguan fungsi hormon FSH dan LH, maka dapat dipastikan bahwa hal ini juga akan mempengaruhi terhadap sistem reproduksi yang ada di dalam tubuh karena dua hal ini merupakan pengontrol dari sistem tersebut. Diketahui bahwa hormon FSH sendiri merupakan bekerja sebagai stimulus dari perkembangan sel telur yang terjadi tepat di indung telur atau juga disebut dengan ovarium. Jika hormon ini tidak stabil, maka hal iniĀ  akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada tubuh manusia itu sendiri.

Jika tubuh memiliki kadar hormon FSH yang cukup rendah, maka hal ini dapat diketahui bahwa merupakan tanda awal terjadinya kehamilan karena tidak ada pelepasan sel telur yang menjadi menstruasi. Sebaliknya, jika hormon ini kadarnya cukup tinggi, maka dapat menjadi pertanda bahwa seorang wanita sedang akan menuju masa menopause.

Gangguan Pada Hormon LH Terhadap Tubuh

Setelah mengetahui gangguan fungsi hormon FSH dan LH yang khusus hormon FSH, kali ini akan dibahas mengenai gangguan yang terjadi jika hormon LH mengalami ketidakseimbangan. Diketahui bahwa hormon LH sendiri merupakan pengatur terhadap siklus menstruasi yang terjadi pada manusia. Maka dari itu, keadaan dari hormon LH ini dapat mengetahui bagaimana sistem reproduksi sedang bekerja.

Jika dilihat bahwa kadar hormon LH yang cukup tinggi dalam tes yang dilakukan melalui tes darah, maka dapat diketahui bahwa wanita tersebut sedang mengalami masa menstruasi atau juga sudah melewati masa menopause. Bagi seorang wanita, perlu untuk dapat mengetahui tanda seperti ini agar juga dapat dengan mudah mengenali diri sendiri. Maka dari itu, jaga kesehatan dan keseimbangan hormon dengan baik melalui pola perilaku hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *