3 Alat Deteksi Masa Subur Pria Yang Teruji Klinis
3 Alat Deteksi Masa Subur Pria Yang Teruji Klinis

3 Alat Deteksi Masa Subur Pria Yang Teruji Klinis

Bagi sebagian banyak orang, penyebab susah hamil biasa disebabkan oleh para wanita. Tetapi tidak semua kasus seperti itu, melainkan ada beberapa kasus susah hamil disebabkan oleh pria. Hal ini dikarenakan pria mengalami kemandulan sehingga membuat wanita mengalami kesulitan wanita. Maka dari itu perlu dilakukan pemeriksaan dengan alat deteksi masa subur.

Salah satu cara untuk mengetahui pria mengalami kemandulan dengan melakukan alat deteksi masa subur. Dengan melakukan tes ini maka pria bisa mengetahui apakah memiliki tingkat kesuburan yang tinggi atau tidak. Berikut ini rekomendasi tesnya:

Analisis Sperma

Analisis Sperma biasanya dilakukan pada pria, apakah mengalami gangguan pada sperma atau tidak. Jika pria mengalami gangguan pada spermanya, maka hal inilah yang menyebabkan susah mendapatkan anak. 

Biasanya jika ingin melakukan tes kesuburan pada pria ini maka anda hanya melakukan satu prosedur saja. Salah satunya pada alat tes kesuburan pria ini, jika terjadi kelainan pada sperma. Maka akan terlihat bentuk, jumlah maupun kecepatan tentang kelainan tersebut. 

Tes Hormon

Tes Hormon merupakan salah satu tes bagi pria untuk mengetahui tingkat hormonnya. Hormon merupakan salah satu bagian penting di dalam tubuh. Jika terjadi masalah pada hormon ini akan menyebabkan pria mengalami infertilitas. 

Biasanya hormon berguna sebagai salah satu jenis yang berperan dalam kelenjar pituitari. Kelenjar ini berguna untuk meningkatkan produksi sperma menjadi lebih baik. Salah satu jenis alat tes kesuburan pria di apotik seperti follicle stimulating hormone atau FSH dan luteinizing hormone atau LH. 

Tes Genetik

Tes genetik bisa dilakukan jika pria mengalami ukuran testis yang lebih kecil dibandingkan pria umumnya. Sebenarnya ada banyak sekali beberapa tipe tes genetik seperti karyotype, tes mikrodelesi kromosom y dan tes genetik untuk cystic fibrosis. 

Pada tes karyotype ini merupakan salah satu jenis tes yang berguna untuk memeriksa jumlah serta tipe pada kromosomnya. Biasanya dengan adanya tes ini, pria bisa mengetahui apakah memiliki kromosom yang sesuai atau tidak. 

Selain itu, ada tes mikrodelesi kromosom y, berguna untuk memeriksa informasi genetik yang ada pada kromosom Y. Biasanya kromosom y ini diproduksi oleh sperma pada pria. Dan ada pula tes genetik untuk cystic fibrosis, cystic fibrosis merupakan suatu kondisi yang dikarenakan oleh faktor genetik. 

Biasanya ada beberapa organ yang akan diserang, salah satunya masalah pada paru-paru. Masalah di paru-paru dapat menyebabkan infertilitas pada pria. Dengan melakukan tes ini tentu pria bisa mengetahui mutasi genetik apa yang ada pada tubuhnya. 

Setelah mengetahui penjelasan diatas, tentu anda mengetahui tidak semua kesulitan hamil dilakukan oleh wanita, salah satunya adalah pria. Bagi anda yang ingin mengetahui tingkat kesuburan pada pria bisa mengujinya menggunakan salah satu alat tes kesuburan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *